Masjid Istiqlal Jakarta 2023 Nasibmu Kini

         Masjid Istiqlal, salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara terletak di jantung Kota Jakarta diapit oleh bangunan penting lainnya seperti Gereja Kathedral, Istana Negara, Tugu Monumen Nasional (Monas) dan deretan kantor pemerintahan di Jalan Thamrin Jakarta. Masjid Istiqlal terdiri dari tujuh lantai dan dapat menampung 200.000 jamaah, bandingkan dengan Stadion Gelora Bung Karno yang memiliki kapasitas 77.000 jamaah. 

         Masjid Istiqlal mulai dibangun pada tahun 1961 namun ide pembangunannya bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto pada 22 Februari 1978.
            Setelah cukup lama ditutup karena pagebluk Covid 19 kemudian dilanjutkan dengan renovasi yang memakan dana Rp.500 milyar Masjid Istiqlal kembali diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 7 Januari 2021. Awal Desember 2022 tim redaksi HxR67 beroleh kesempatan untuk mengunjungi masjid tersebut.
          Kini Masjid Istiqlal tampil lebih segar dan modern dan hingga kini pun masih terus bersolek. Bukan hanya untuk ibadah tetapi diproyeksikan sebagai tujuan wisata. Seperti apa perubahannya? Yuk kita nikmati foto-foto dibawah ini. 
Yang bikin pangling kini Masjid Istiqlal punya basement untuk parkir kendaraan seperti di mal atau gedung perkantoran. Bayar gak parkir nya? Tentu!
Tempat wudhu dengan model putar, lantainya nya kini terlihat cerah bentuknya masih dipertahankan tapi sekarang terlihat bersih dan higienis.
Pelataran terbuka di lantai dua, tampak terlihat Tugu Monas (Monumen Nasional) dari kejauhan
Menara Masjid ini tingginya 66,66 meter berlapis marmer mewakili jumlah ayat dalam al qur'an ditambah kubah dari rangka baja setinggi 30 meter yang melambangkan 30 juz dalam al qur'an. Terlihat semakin berisi dan kokoh.
Dinding utama masjid dengan tempelan lafadz Allah dan Muhammad setelah marmer dinding diganti kini juga berwarna lebih cerah.

Jamaah mulai berkumpul menunggu saatnya shalat maghrib.
Stiker jaga jarak peninggalan era pagebluk Covid19. 

Lebih detail tentang Masjid Istiqlal bisa juga Anda saksikan pada tayangan video diatas.




Lihat Juga: